Klasifikasi Karya Seni Rupa

Jika kita melihat karya-karya seni rupa yang berkembang pesat dan kian beraneka ragam jenisnya terkadang membuat kita kesulitan menggolongkan karya-karya seni rupa tersebut. Begitupun dalam menyebut atau memberi nama sebuah karya seni rupa seringkali masih kurang tepat, bahkan jauh dari pengertian yang sesungguhnya. Hal tersebut lebih dikacaukan lagi dengan tidak adanya batasan dan fungsi yang pasti dalam proses pembuatannya. Sebagai contoh karya-karya seni terapan yang pada kenyataannya tidak memiliki fungsi secara praktis terhadap kebutuhan fisik manusia, namun hanya sekedar bertujuan dekoratif atau menghias saja. Demikian pula pada sebagian karya seni murni yang ternyata tidak sekedar memenuhi kebutuhan estetik semata, namun dapat berfungsi menopang kebutuhan hidup manusia secara fisik, atau dengan kata lain memiliki nilai pakai.

Kenyataan seperti di atas memang dapat terjadi pada sebagian karya seni rupa. Namun, jika kita lihat pendekatan secara umum kita dapat menggolongkan karya-karya seni rupa sebagai berikut:

1. Karya Seni Rupa Murni (fine art)

Karya seni rupa murni merupakan jenis karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan estetik atau nilai-nilai keindahan semata, terlepas dari fungsi praktis. Karya semacam ini dibuat untuk kepentingan mengekspresikan emosi atau perasaan penciptanya. Yang tergolong karya seni murni yaitu seni lukis, seni patung, dan seni grafis. Seni lukis merupakan karya yang umumnya berbentuk dua dimensi dan dibuat di atas permukaan kertas, kanvas, dinding, kaca dan bahan lain yang memungkinkan untuk itu. Bahan pewarna yang digunakan dpat menggunakan cat, tinta, arang, pensil dan lain-lain. Ada pula karya seni lukis yang dibuat pada tubuh manusia yang lazim disebut body painting. Teknik melukis dapat beragam. Secara konvensional dengan menyapukan bahan pewarna menggunakan alat berupa kuas, namun ada pula teknik melukis yang memanfaatkan plototan cat dari tubenya, atau bahkan dengan sapuan jari-jari tangan senimannya. Seni patung merupakan karya seni rupa yang berbentuk tiga dimensi (dapat dinikmati dari beberapa arah pandang) dibuat dengan menggunakan berbagai media seperti, kayu, batu, semen, fiber, lilin, tanah liat atau bahkan es. Teknik membuat patung menyesuaikan dengan bahan yang dipakai, dengan cara membentuk dengan tangan, membutsir, memahat, ataupun dengan teknik cetak. Corak seni patung juga bermacam-macam, ada patung naturalis yang menggambarkan benda seperti wujud asli yang ada di alam, ada pula yang bercorak abstrak sehingga sulit dikenali bentuknya. Sedangkan seni grafis merupakan jenis karya seni rupa yang dibuat dengan teknik cetak seperti teknik cukil, lithografi, cap, cetak sablon dan lain-lain. Seperti halnya seni lukis, seni grafis dibuat untuk tujuan mengekspresikan emosi dan gagasan senimannya.

2. Seni Rupa Terapan (applied-art)

Berbeda dengan seni rupa murni, seni rupa terapan dibuat dengan mengutamakan tujuan praktis, dengan kata lain dimanfaatkan fungsi pakainya untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia.  Namun demikian karya seni rupa terapan diupayakan memilki nilai artistik pula. Membuat karya seni rupa terapan tidak sebebas membuat karya seni rupa murni karena di dalamnya harus mempertimbangkan persyaratan-persyaratan tertentu, seperti syarat keamanan (security), kenyamanan (comfortable), dan keluwesan dalam penggunaan (flexibility).

Mengingat banyaknya jenis karya tersebut, maka karya seni rupa terapan dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu desain dan kriya. Desain merupakan karya seni yang dibuat berdasarkan pesanan atau permintaan clien (pemesan). Yang termasuk dalam karya desain yaitu; desain grafis (desain komunikasi visual), desain arsitektur (rancang bangun), dan desain produk. Karya desain grafis adalah karya yang dibuat untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada publik atau khalayak umum seperti poster, iklan, baliho, selebaran, pamflet, banner, kartu ucapan, desain undangan dan lain-lain. Desain arsitektur adalah karya seni rupa yang bertujuan memenuhi kebutuhan akan hunian atau tempat tinggal dan fasilitas umum seperti rumah, gedung, tempat ibadah, jembatan dan lain-lain. Sedangkan desain produk merupakan karya seni rupa yang berupaya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seerti perabot rumah tangga, alat elektronik, alat komunikasi, alat transportasi, aksesoris, busana, dan lain-lain.

Ketiga jenis desain di atas umumnya dibuat dengan menggunakan alat-alat berteknologi modern dan mamanfaatkan bahan-bahan sintetis atau bahan buatan. Karena dibuat dengan menggunakan mesin, maka produksinya dapat dibuat dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang relatif singkat, namun unsur ekspresi tidak tersampaikan secara bebas karena prosesnya tidak melibatkan sentuhan tangan langsung dari penciptanya.

Seni kriya atau seni kerajinan memilki perbedaan dengan desain. Kebanyakan karya seni kriya dibuat secara tradisional dengan keterampilan tangan pembuatnya dan banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti kayu, bambu, batu, logam, tanah liat, kulit binatang, dan lain-lain. Karya seni kriya kini banyak digemari karena unsur keasliannya, tak heran orang-orang banyak yang merasa bangga mengoleksi barang-barang kriya daripada barang-barang buatan pabrik. Yang termasuk dalam golongan karya seni kriya diantaranya; keramik (gerabah), ukir kayu, kerajinan kulit, anyaman, batik, dan kerajinan logam.

Pada perkembangannya jenis seni kriya jauh lebih banyak mengeksplorasi bahan-bahan alam seperti kulit kerang, batu-batuan, bahkan tumbuhan. Banyak pula sebagian bahan limbah dan bahan sintetis yang kemudian dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan seperti limbah plastik, kertas, karet, dan lain-lain. Sekalipun memanfaatkan bahan buatan, namun karya-karya semacam ini tetap digolongkan dalam seni kriya. Barangkali orang-orang lebih banyak melihatnya dari segi proses membuatnya yang mengandalkan kreativitas dan keterampilan tangan ketimbang dari segi bahan. Kini seni kriya tumbuh makin pesat di Indonesia. Banyak daerah-daerah yang kemudian menjadi sentra-sentra kerajinan. Kondisi geografis dan demorafi Indonesia merupakan faktor pendukung menjamurnya seni kerajinan Nusantara.

Di bawah ini contoh beberapa karya seni rupa yang disebutkan dalam klasifikasi karya seni rupa di atas:

Karya seni lukis

upload lukis

Karya seni grafis

upload grafis

Karya seni patung

upload patung

Desain arsitektur

upload arsitektur

Desain produk

upload des produk

Desain grafis / desain komunikasi visual

upload DKV

Kriya keramik

upload keramik

Kriya batik

upload batik

Kriya ukir kayu

upload ukir

Kriya logam

upload logam

Kriya anyam

upload anyam

Kriya kulit

upload kulit

Kriya dengan memanfaatkan bahan limbah

upload barang limbah

About these ads

42 Responses

  1. […] Klasifikasi Karya Seni Rupa […]

  2. huuu,keren2 bgt tuch barang ya,
    buat koleksi dirumah blh juga tuch kyk ya…

  3. […] Klasifikasi Karya Seni Rupa Diarsipkan di bawah: Uncategorized — faxih00095 @ 12:18 pm Klasifikasi Karya Seni¬†Rupa […]

  4. pak itu gambar dompetnya kok mirip punya ibu saya ya hehe

  5. Ijin copy gambarnya untuk tugas SenBud.

  6. trims mas informasi tentang kriyanya ilustrasi fotonya oke banget…

  7. like this

  8. Terima kasih infonya, buat pembelajaran dan tugas anak sekolah di SMP di Cianjur.

  9. Makasih Yw ats Info.a. . .
    berkat anda Tgz saia Terselesaikan. . .

  10. Thanks for information. . .
    I like so much this BLog. . .
    My duty finished now.

  11. mintak fungsi anyaman karya seni rupa 2 dimensi

  12. Tlg donk bwat gambarnya kasih keterangan/pengertiannya….. thanks

  13. Artikelmu Seni Rupa Habis …..
    Pokonya MantaP….

  14. Salam kenal, salam persahabatan………………………..salam karya…………….

  15. gmana ya cara mencari contoh gambar seni terapan beserta harganya

  16. TRIMS YACH…. QW SENENG BGT AKHIRX BS KTEMU

  17. thx dah berbagi ilmu….
    sangat bermanfaat …
    semoga dapat membantu dalam berkarya…
    Salam seni grafis,

  18. tolong donkzz apa aja tuch contoh 5 gambar seni kriya…
    berserta nama seni kriya itu, bahan yang hrus dibuat untuk seni rupa kriya itu apa ajach, and cara pembuatan nya….
    soalnya nie tugas sekolah….
    and akk bngung bahan dan cara pembuatannya…

  19. tolong kirimkan aliran2 dlm karya seni rupa disertai cnth gbrx, ……. smga dpt membantu sy dlm pelaksanaan proses belajar mengajar ,trims !!!!!!!

  20. gan ,, gambar seni rupa terapan mna gan .. ?

  21. gambarx itu dari google tah??

    aku nyari d google kog ga ada yah??

  22. kakak muzgun nih aq da tugas nih di suruh cri gambar seni rupa trus di kasi komentar nya nih kk mazgun ..

  23. mazgun,aku kan dapet tugas mencari 4 gambar tentang seni modern dan kotemporer. mazgun bisa bantu aku ga nunjukin yang mana yang termasuk modern dan yang mana yang termasuk kontemporer?

    Thanks mazgun aku tunggu jawabannya paling lambat besok ya,hehe

  24. Bisa di download gk gambar ny, soal’a tugas sbk ku harus ad gambar ny nih, bisa gk yah, klo bsa tolong kasih tau cara ny atau web yg lain lagi yan thx’s

  25. trimakasih tas infonya brow

  26. bagus :)
    hidup indonesia keluarkan semua frestasimu

  27. saya setuju sama feby :)

  28. verry good. i like …..thank’s for information

  29. thanks infonya…^^

  30. thank you for this information this help me so muchh =)

  31. wow iformasi yang menarik, buat ngebantu tugas. thanks… :*

  32. cara nya mana nich… ???
    ^_^

  33. please……… barangnya apa aja yg termasuk seni rupa murni?

  34. gmbr.ny bgus” tp
    please…
    stiap gbr kasih jgh donk ketrgan.ny spt :bntuk obyek, teknik berkarya, fungsi, tema dan makna….ok!
    thanks,,,

  35. Mantaspppp

  36. terima kasih sudah berbagi ilmu
    sangat bermanfaat…

    salam Seni Rupa UNNES

  37. kulit kerang nya mana .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: