Seni Terapan

KEUNIKAN GAGASAN DAN TEKNIK

DALAM KARYA SENI TERAPAN DAERAH SETEMPAT

A. Karakteristik Seni Rupa dan Cabang-cabangnya

Seni Rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: garis, bidang, bentuk, tekstur, ruang dan warna. Unsur-unsur rupa tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu. Bentuk karya seni rupa merupakan keseluruhan unsur-unsur rupa yang tersusun dalam sebuah struktur atau komposisi yang bermakna. Unsur-unsur rupa tersebut bukan sekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak bermakna, akan tetapi dibuat sesuai dengan prinsip tertentu. Makna bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsur-unsur yang membentuknya, tetapi dari sifat struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas keseluruhan sebuah karya seni lebih penting dari jumlah bagian-bagiannya.

Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua yaitu: karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar atau karya yang hanya dapat dilihat dari satu arah pandang saja. Contohnya, seni lukis, seni grafis, seni ilustrasi, relief dan sebagainya. Karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang. Contoh : seni patung, seni kriya, seni keramik, seni arsitektur dan berbagai desain produk.

Seni Rupa jika dilihat dari segi fungsinya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu seni murni (fine art) dan seni pakai / terapan (applied art). Seni murni adalah karya seni rupa yang dibuat semata-mata untuk memenuhi kebutuhan artistik. Orang mencipta karya seni murni umumnya berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan cita rasa estetik. Kebebasan berekspresi dalam seni murni sangat diutamakan. Yang tergolong dalam seni murni yaitu: seni lukis, seni patung, seni grafis dan sebagian seni kerajinan.

Seni Terapan atau seni pakai (applied art) adalah karya seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis. Contoh seni terapan yaitu:arsitektur, poster, keramik, baju, sepatu, dan lain-lain. Dalam pembuatan seni pakai biasanya faktor kegunaan lebih diutamakan daripada faktor keindahan atau artistiknya. Membuat karya seni terapan tampak lebih sulit dibandingkan karya seni murni. Hal itu mungkin karena membuat karya seni murni terasa lebih bebas dibanding membuat karya seni terapan karena tidak memperhitungkan fungsi. Akan tetapi sering pula terjadi sebaliknya, melukis bisa lebih sulit daripada membuat rumah tinggal.

B. Fungsi dan Tujuan Seni Rupa

Sebagai unsur budaya, seni hadir atau diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik lahir maupun batin. Sebuah unsur budaya akan tetap terpelihara keberadaannya jika unsur budaya tersebut masih berfungsi dalam kehidupan sosial. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat merasakan betapa kita sangat membutuhkan sarana berekspresi dalam menikmati keindahan bentuk.

Berdasarkan fungsinya dalam memenuhi kebutuhan manusia, seni dipilah menjadi beberapa kelompok.

1. Fungsi Individual

Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi fisik dan fungsi emosi.

a. Fisik

Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik, seperti; busana, perabot, rumah alat transportasi dan sebagainya.

b. Emosional

Fungsi ini dipenuhi melalui seni murni, baik dari senimannya maupun dari pengamat atau konsumennya. Contoh: lukisan, patung, film dan sebagainya.

2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relative bersamaan. Fungsi ini dikelompokkan dalam beberapa bidang.

a. Rekreasi / hiburan

Seni dapat digunakan sebagai sarana untuk melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan. Contoh: film, komedi, tempat rekreasi dan sebagainya.

b. Komunikasi

Seni dapat digunakan untuk mengkomunikan sesuatu seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan, dan produk kepada orang banyak. Contoh: iklan, poster, spanduk, dan lain-lain.

c. Edukasi / Pendidikan

Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana penunjangnya, contoh; gambar ilustrasi pada buku pelajaran, poster ilmiah, foto dan sebagainya.

d. Religi / Keagamaan

Karya seni dapat dijadikan ciri atau pesan keagamaan. Contohnya; kaligrafi, arsitektur tempat ibadah, busana keagamaan dan sebagainya.

C. Seni Rupa Terapan Daerah Setempat

1. Seni Bangun / Arsitektur

Seni bangun merupakan salah satu hasil budaya masyarakat. Masyarakat Nusantara membuat bangunan dalam berbagai fungsi, yaitu tempat tinggal, lumbung padi, dan tempat beribadah. Di Jawa Tengah terdapat rumah Joglo yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan sekaligus menjadi ciri khas budaya masyarakatnya. Demikian pula dengan masjid Demak yang struktur bangunannya sangat dekat dengan struktur rumah joglo.

2. Pakian Adat

Pengaruh budaya setempat juga sangat terlihat pada pakaian adat. Pada masa sekarang busana adat Jawa Tengah sering kita lihat pada upacara-upacara perkawinan Di Jawa Tengah pakaian adat menjadi pakaian resmi yang terpengaruh dari kalangan istana yang biasa digunakan untuk upacara kerajaaan atau upacara-upacara Keraton. Misalnya pada busana kenegaraan abdi dalem yang mengiringi kereta kuda Sultan Yogyakarta dan Surakarta dalam iring-iringan upacara. Busana tersebut berupa kaos kaki sutera, sepatu, gesper, dan jas beludru yang dihiasi dengan jalinan berpita emas. Busana adat Jawa Tengah mendapat pengaruh dari Eropa pada era Kolonial Belanda.

3. Wayang

Pertunjukan wayang di Indonesia bukan saja sebuah kesenian, melainkan juga sumber nilai. Wayang dalam perkembangannya sebagai sumber nilai, menyerap berbagai ajaran tentang penghormatan kepada alam, nenek moyang dan para dewa-dewi. Penghormatan itu dilakukan oleh manusia sebagai keinginan dasar untuk berhubungan dengan kekuatan adikodrati (supranatural), kepemimpinan dan kepahlawanan.Selain itu penghormatan semacam itu dilakukan sebagai bentuk hubungan manusia dengan Tuhan, dan juga hubungan manusia dengan manusia lain. Kesenian wayang umumnya memuat ajaran keagamaan dan kehidupan. Wayang selalu berubah dan menyesuaikan diri dengan konteks keagamaan dan zamannya. Pada masa penyebaran agama Hindu-Budha dan juga Islam dan Kristen, kesenian wayang selalu dimanfaatkan sebagai media yang popular dan efektif untuk dakwah keagamaan.

Meskipun sudah berkembang sejak masa Hindu-Buddha, kesenian wayang di Jawa mendapat sentuhan kreatif pada masa Islam. Sentuhan itu bukan saja terlihat dalam bentuknya melainkan juga pada tema-temanya. Meskipun begitu, wayang tetap mengandung pakem-pakem cerita utama, seperti Ramayana dan Mahabarata. Kesenian wayang di Jawa menjadi alas dakwah dan pendidikan paling efektif dan telah diterima masyarakat sehingga tetap hidup dalam berbagai bentuk perkembangannya sampai sekarang. Dari kesenian wayang yang bernafaskan Islam tersebut lahirlah sejumlah jenis wayang antara lain Wayang Kulit, Wayang Beber, Wayang Kayu, Wayang Krucil, Wayang Golek, bahkan Wayang Suket.

4. Perabot dan Benda Rumah Tangga

Perabot rumah tangga di Indonesia khususnya di Jawa banyak dipengaruhi gaya Eropa dan muncul pertama kali di kalangan istana. Perabot rumah tangga mulai digunakan di kalangan istana karena pada masa itu Sultan tidak dapat menerima perbedaan yang kontras antara dirinya dengan orang-orang Eropa. Orang Eropa duduk di tempat yang tinggi, seperti kursi atau sofa sedangkan dirinya duduk di lantai atau tikar. Akhirnya Sultanpun mulai menggunakan kursi, terutama di tempat kegiatan, serta saat Sultan dan pegawai belanda muncul bersamaan. Perabot rumah tangga asli didatangkan kalangan istana dan orang-orang Eropa serta dipakai sebagai lambang kebesaran. Pola-pola hiasnya kemudian ditiru oleh para perajin lokal. Hingga sekarang rumah-rumah dan perabotan orang Indonesia banyak mengandung unsur arsitektur yang mencerminkan kebesaran pemerintah Belanda.

Selain kursi, perabot rumah tangga yang lain banyak juga yang disertai hiasan dengan motif gaya Eropa.

5. Batik

Seperti halnya kesenian wayang, batik telah menjadi bagian dari kekayaan seni rupa tradisional di Nusantara, jauh sebelum masuknya Islam. Mitos awal tentang batik sudah ada sejak sekitar taun 700 Masehi. Mitos tersebut bercerita tentang istri Pangeran Jenggala, Lembu Ami Luhur. Dia seorang putrid dari Coromandel. Ia mengajari orang Jawa menenun, membatik dan mewarnai kain. Sejak itu kain batik dengan berbagai motif tertentu menjadi bagian dari identitas busana dan budaya raja, permaisuri dan keluarga istana pada masa kerajaan Hindu. Namun catatan tertulis tentang batik baru muncul pada tahun 1518, di wilayah Galuh di wilayah Barat laut Jawa.

Pada masa Islam batik terus berkembang, terutama dalam kekayaan motif dan arti perlambangannya. Pada masa Islam motif animisme dan Hinduisme yang muncul pada masa kerajaan Hindu diperkaya dengan motif Kaligrafi Arab, Masjid, Kakbah dan permadani. Di samping itu motif Cina sangat kental pada motif batik. Dalam sebuah cerita disebutkan bahwa Sultan Agung, Raja Islam pertam Mataram (1613-1645) memakai batik dengan motif burung Huk. Dalam mitologi Cina, burung Huk melambangkan keberuntungan.

Pada masa Islam dan masa sebelumnya, tradisi batik memang cenderung menjadi bagian dari tradisi istana. Namun dalam perkembangannya, ketika nilai-nilai keistanaan meluntur, nilai-nilai batik menjadi memasyarakat. Batikpun dibuat dan dipakai oleh banyak kalangan. Hasanuddin dalam bukunya yang berjudul Batik Pesisiran menyebutkan bahwa kegiatan membatik didasarkan pada lima motivasi dasar, yaitu:

a. Membatik sebagai kegiatan sambilan wong cilik.

b. Kegiatan membatik sebagai komoditas.

c. Membatik sebagai tradisi kalangan bangsawan.

d. Kegiatan membatik sebagau usaha dagang orang Cina dan Indo-Belanda yang ragam hias dan fungsinya diperuntukan bagi kalangan terbatas.

e. Membatik sebagai kebutuhan seni atau desain dengan konsep kontemporer.

6. Ragam Hias / Pola Wastra

Pada abad ke 18 dan 19, perdagangan batik di Indonesia berkembang pesat. Oleh karena kepesatan tersebut mulailah orang-orang Cina terjun sebagai pedagang batik dalam skala kecil maupun besar. Selain terjun sebagai pengusaha, orang-orang Cina mulai merintis dan membuka peruahaan batik sendiri. Para pekerjanya adalah warga pribumi dengan disiplin kerja yang ketat. Oleh sebab itu mutu batiknya cukup baik

Batik produksi pengusaha Cina cenderung menggunakan warna terang dan beraneka ragam. Pewarna yang digunakan adalah indigosol yang cukup tahan gosokan dan sinar matahari. Ragam hias yang batik yang paling popular adalah burung funiks yang berekor panjang, meander dan swastika. Ragam hias model ini banyak dipakai pada selendang lokcan berbahan sutera.

Perkembangan ragam hias batik Cina dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan selera konsumen. Di daerah Lasem misalnya, ragam hias batik Cina lebih rumit dan datar. Warna yang digunakan antara lain merah, biru, ungu, kuning, dan cokelat. Dalam proses perkembangannya susunan corak, ragam hias, dan warna batik Cina dan pribumi saling mempengaruhi dan melengkapi. Batik yang dibuat di daerah Pantai Utara Laut Jawa menggunakan corak terang, serta memadukan lukisan burung dan bunga. Hal itu jelas menandakan adanya pengaruh Cina. Batik Cirebon juga dikenal karena penggunaan pola ragam hias Cina, yaitu awan dan batu. Pengaruh Cina juga terdapat pada sarung songket yang berbenang emas dari Bali dan Sumatera serta kain perada Bali.

About these ads

205 Responses

  1. makasih yach atas isi blog nya b”manfaat banget buat aku n temen2….

  2. thanks atas informasinya, karena dengan ini aku bisa nyelese’in tugas sekolah

  3. kok gg da gmbarna bosss. . . . . . . …

  4. makasih om…
    atas pengetahuannya…aku jadi bisa ngerjain PR seni rupa nech

  5. makasih buaanyaak!
    lagi kebingungan mengerjakan PR seni terapan~ untung ketemu weblog ini…

  6. thankx y om…
    aku jadi bisa selesai kliping seni rupa aku
    makasih y…

  7. bagus banget om…..
    PR kami siap jdnya!!!

  8. Trim’s Bozz yow..
    Stlh siswa-siswiku buka blog ni, mereka makin bertambah wawasannya

  9. gga ada gambarnya :((

  10. gwe kaga dapet apa-apa dri artikel inii, yet gwe ada tgass, ga membantu bgd c!!!
    wekkk!!!
    mazgun:
    maaf ya, artikelnya masih banyak kekurangan…masukan yang berarti buat admin untuk menambah pengetahuan lebih jauh.

  11. Makacih ! ckrg Q dah bisa ngerjain tugas nich!!

  12. thanx yupz
    ne artikel bwt nglngkapin tgas ku. . .

  13. yah…gak lengkap nich.aku gak tau dech aku ngerjain tugasnya dah bener apa belum..

  14. thanks banget ya artikel nya…..
    tugas gw jadi kelar deh….
    sekali lagi makassi yaa….

  15. ThAnK’Zzzz BuUaNgHeT YaW……
    Aq BiSa JaDi nGe-RjAiN TuGaZ kLiPiNg SeNi TeRaPaN-Ku DeNgHaN MuDaH SeKaLi……
    SeMoGa Aq DaPeT NiLaE yAnG BhAeK….
    AmIeN………
    (M)
    (A)
    (K)
    (A)
    (S)
    (I)
    (H)

    (Y)
    (A)
    …….

    • thnks ya …………… dNgn adnya Ini qWu bIs NgrJain kLipIng dngn baIk n cEpat …………. mOga-Moga nilainya baek ……………..
      Thnks ya

  16. makasih ya artikelnya saya jadinya bisa ngerjain tugas deh tapi kurang gambarnya

  17. ga ada gambarnya , , , , , , , , , ga seru ah

    hiihihihihihihihihih

  18. mas,om mna gambarnya?susah nich tau!

  19. weeei.. makasih mas! makasih om! makasih bu!

    skg tugas kliping saya tinggal buntelan kentut!!
    hahaha! selesai sudah!

  20. Thanks yah isi blogx…Jalan2 ke blog gw jg yah…Mudah2an dpt info yg berguna jg…ok ?
    Wkwkwkwkkwekekekke…

  21. thx berat buat artikel ne.it is very usefull for me and my friends.thx a lot.

  22. mkasie buanget …….!!!!!!]

    jdie aqu bsa ngerjaien tgs gmpng mg2 bnr smua……..!!!

  23. biarpun gk ada gambarnya ini masih berguna untuk peer seni budayaku :D guru2 seni budaya kejam2 sih…

    terimakasih!

  24. Tax bgt wat blog ini…….Wa jd isa ngerjain tgs…..!!!! Pokoknya thx

  25. gambar nya gak ada!!
    GETHOK!!!

  26. ada gk ciri-ciri seni terapan, tolong kasih tw dong!!!!

  27. siip banget ditunggu yang laennya
    tapi cari gambarnya dimana?

  28. makasih ya om udah bantu nyelesai in tugas

  29. wah terima kasih pak saya jadi bisa ngerjain tugas seni gua…
    gokil abis isinya..
    saran : tambah gambar lebih dunk pak..
    hehehehehe..

  30. udah complit, tapi kog g da gambarnya… ;)

  31. makasih ya atas informasinya…..
    jd kan tugas aku selesai
    dewwwhhhhhhhhhhhh

  32. wow………………..artikelnya keren abis

  33. thankz y?

    untuk ciri2 seni terapan da ga’?

  34. tankz

  35. mkch yak ma blokya

  36. kasih gambar dunk…… biar luebihh jelazzzzzz…..

  37. hohy makasoy yah mbaktenk/mastenk

  38. makasih infonya, sangat membantu saya

  39. om kok seni terapan betawi nya kok g ada sih

  40. mksh informasix,sm nie tgs skul…..

  41. mkasihya…
    brkat nie aku jdi bisa ngrjain tugas seni rupa….

  42. qw nyri gmbr karya seni terapan qho ga da ya???????????

  43. huy, akhirnya saya mendapatkan artikel2 seni rupa, seneng deh’…………

  44. sama ga da gambar nya ga seru bangets

  45. bosen ga da gambar nya ga enak

  46. pake gambar dong ceritanya. kurang seru kalo gak pake gambar……

    Makasiya

    besok pake gmbar yayayaayyyaaaaaaaaaaaaaaa

  47. kok gak da gmbrxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…..tapi isix bgus bgt kok!

  48. bagus tapi ada yang kurang dikit ?yap itu cuma gambar nya aja kok !kalau bisa pake gambar nya oke

  49. thx atas artikel’y yg oke abis,,walopun gagh ada gmbr’y…..wkwkwk

  50. ih sebel koq gak ada gambar nya sih……………!!!!!!!

  51. bkanya Q sok tw y..tp seni terapan tuh da 3 macam konsep:
    1. konsep karya seni untuk mempertahankan hidup
    2. konsep karya sebagai media sakral
    3. konsep karya untuk membuat benda-benda praktis
    kan nggak artikel tadi nggak di jelasin!

  52. isi blog ini lengkap bgdh ……

    makasiiiiihhhh …………

  53. Thankyou krn dngn pengetahuan anda saya dpt mengerjakan tugas saya dg baik.

  54. Dah cari kaya gnhee muter-muter gag dapet-dapet,, ketemu, tapi mencar. . .
    ternyata disini ada,, lengkap. .
    yee. . . . pake nyari susah-susah. .
    ywdah deccc. . mksii iia. .

  55. beri gmbrnya doonnkkk . . . . .! ! !

  56. mkcii :D

  57. tengstt yiah , ini sangat membantu :)

  58. M
    A
    K
    A
    S
    I
    H
    Tugas aQ sdah slesai……….. msih bnyak kali……

  59. trimakasih artikelnya tentang seni rupa terapan…

  60. terimakasih juga gambar ornamennya, saya merasa kesulitan mencari bahan ornamen, motif dasar geometris yang sederhana, yang mudah buat materi pelajaran di kelas menggunakan jangka.

  61. suittt…suittt maju terus pak guru !?

  62. wew makasih bgd neee… sudah dibantu nyelesain tgs wacananya. owh ya ada tentang aliran seni rupa ga? tokoh nya juga…. kalo ada tolong kasih tau saya. thnx yow mazgun

  63. SEMUA INI MENCERMINKAN KARYA INDONESIA

  64. sepi gambarnya…….

    • mazgun:
      coba baca juga posting yang lain, ada link untuk melihat contoh gambar Seni Rupa Terapan, makasih…

  65. waaahhhhhhh,,,,,, mkasih bngt ya udah mau ngebantuin nyelesaiin tgs ku.

  66. kurang lengkap neyh !!!!!!!!!!!!!!

  67. wah makasih banyak y, lumayan buat resensi.

  68. Om…..thanks beud y>>>>brkat nie cmua q jd bsa n pham ttg tgas kliping sni traphan q>>>>

    pokoke thanks<<<<<

  69. wah , biarpun krg lgkap . but that’s okay . tugas PR saya trbantu ^^ . Thx before .

  70. mau tau neh apa2 seni terapan dari aceh ampe papua

    • mazgun:
      Aceh terkenal dg kerajinan anyam dg ornamen geometrisnya, sulam benang emas, kain songket, dll. Karya terapan dari Papua kebanyakan berupa seni ukir pada perisai, patung primitif, kerajinan ukir bambu, banyak pula dijumpai karya anyaman.

  71. mkasih ya q jadi bisa ngerjain tugas dech….
    tpi tmbahin gambar donk…..

  72. tolong kasih contoh gambar nya dong kalo bisa yang “seni terapan zaman prasejarah indonesia”

  73. makasih mas buat infonya

    saia support buat mas ( biar bisa cari referensi tugas ckull,hehehe )

    di update ya,,,

    salam, saia,,,

  74. bosssssssss…….
    gambarnya mana…?????????

  75. makasih yah atas infonya..jadi bisa ngerjain tugas seni rupanya..whaha

  76. mkazihh naPh bza khagg kRja miy tgaz kuw,,,

  77. Makasih,,, Makasih… Bangetzzzzzzzz…… :D

  78. thankz alot bwt infony y…!! :D

  79. makcih banget sni rupa nusantara. . . .

  80. tanks yaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!
    tetap exis dan semang@t guys

  81. saya minta contoh gambar tentang seni rupa terapan ada ga”? tolong di jawab ya? hi..hi..hi..

    • gambar seni terapan bisa dilihat sebagian di posting Klasifikasi Karya Seni Rupa, selebihnya anda bisa eksplorasi sendiri, ok? makasih‚Ķ

  82. ulasan yang begitu menarik dan mudah dipahami

  83. trimakasih…………

  84. mas… trimmmsssss yahhhh aku ikut ngopy.
    hehehe

  85. makasih pak…,bsa q jdiin wat rfrensi simulasi q..hehehe…

  86. yaaaa ,sngad berguna wat pr seni rupa ku ,tp gsm bar nya mna ??? :-DD

    • coba lihat posting yang lain tentang Klasifikasi Karya Seni Rupa ya..? disana dilengkapi dg gambarnya…makasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

  87. thank you so much………

  88. thanx infonya numpang nitip…

  89. tq…………

  90. tlng dtunjuin dungss gambar y spya kt tau seni rupa nusantara y hhheeeeeeeeeeeeee

  91. makasih ya :) jadi bisa ngerjain kliping deh :)

  92. maksih banget buat infonya Tapi sayang GAMBARNYA MANA??? hhhhhuuuuaaaaaaa ;(

  93. mnta bahan + cara buat nya sni terapan donk ……

  94. tugas faishal

  95. om tau ga kalo daerah mana aja yang memproduksi karya seni rupa murni daerah ?????
    :) maksih om sbelumnya:)

  96. yaaaaaaaaaaaahh… kok gk ada gmbrnya sih??! aku jd gk bisa ngerjain tgs sbk dong!!! :(

  97. tp gpp deh, aku liat tulisannya aja.. mksih yaaa.. :)

  98. mkasihh bgt ya ada seni budaya ini :)

  99. thanks……..

  100. ,,,,
    qRenz..

  101. makasih atas bantuan blog ini,,,,
    sngkat bermanfaat

  102. mas..??
    ad yg kurang..
    cb kasih bahan/ alat nya.. terus teknik” ny mas..

  103. Akhirnya tugas di sklh bisa terjawab

  104. Mkcih ea atas ulasannya.ini membantu bgt,

  105. O iya,q mu bilang sediain fasilitas untk download ea biar bsa untk kopelan pribdi,jdi kta punya rgksan sndri slaen d’ skul.mkciH……

  106. thanksss yaaa
    atas infonyaa..
    *walau tak kenal*
    info ini sangat membantu dalam mengerjakan tugas seni budaya..
    walaupun sedikit sulit ga ada ftoo……………….
    heehehe tpi gpp……..
    kalo bsa pake ftoonya yaa..

  107. makasih atas ngasih tau pengertian dari seni rupa terapan . jd qu bisa ngerjain pr qu …. deh!!! heehehe…..

  108. bagus sihh tp kok gk a cintohnya…
    kl bs ad contohna ya..

  109. apik tenan makasih ya

  110. sich banget ya …………..

  111. kalo bisa dha rumah gadangnya hihihihihihih

  112. T
    H
    A
    N
    K

    You Fery Much..
    tugaz i slese..
    hehe..

  113. makasih omm… bagus banget buat pr ku.. ahahaha:))
    coba ada contohnya… pasti bagus…

    tapi makasih ya omm…

  114. eump hse eunk sni rupa th.,,,,,

  115. makasih, tapi g ada gambarnya

  116. tulisannya bagus bisa dijadikan panduan dalam mengajar

  117. MAS KASI CONTOH2 SENI TERAPAN, TOLONG…

  118. mksih ea , , tp kog gg ada gambarnya??????????

  119. trimakasih ini sangat membantu sekali buat tugas kuliah saya….kalau boleh artikel penjelasan tentang motif donk…

  120. MKsh boozz ,,, yuh budreg golek tgas

  121. rada ngabantuan tugas abdi
    araya sawareh tapina :p

  122. Thanks y,
    Karena ini smua ak bisa nyelesain tugas ku

  123. Thank’s y atas informasiny
    Tapi kok gak ad gamabar
    Tapi ttp thank’s atas informasinya ak bisa ngerjain tugas kuliah :)

  124. apa pengertian karya seni rupa terapan dan apa pengertian seni rupa nusantara

  125. oiiiii
    gambarnya oiiiiii

  126. nice artikel. thanks ya berkat anda saya bisa mengerarjakan tugas. tolong dong tamabahin gambar nya… thanks sekali lagi ;)

  127. buat ACEH ada ga??

  128. ACEH ADA GA? ;) :) :( :’( <3 :/ :D

  129. bntuk seni terapan beserta daerahhhnya gg ada yaaaaaaa???? saia dapet tugassss gini… :’(

  130. seharusnya ada contoh karya seni rupa terapan daerah asalnya

  131. huwaa… lengkap banget… makasih ya! :3 jadi ada bahan utk dapet nilai tambahan…

    thx so much!

  132. kurang lengkap, ga ada cara pembuatanya……

  133. thankzz yeaaa qw jdie bzaa ngrjkand tgazzz niew

  134. Thank you , bisa buat belajar buat ujian besok nih :D

  135. thanks atas bntuan x….. tphi law bsa contoh2 x d prbanyk byar lbih jlas…. thu cma sran za ,,,,, ksluruhan ok kok

  136. untung ketemu weblog ni jadi selesai deh pr aku.
    3:-) :-) :-)

  137. pak,kq gbrx g ad??

  138. Boleh kand dikasih gbr?? Soal.a bwt tugas SenBud
    Tq…….. ;-) ^_^

  139. thank you

  140. thank youthank you

  141. contoh seni rupa terapan yang ada di jakarta apa aja sih

  142. Tks Artikel-nya, jadi selesai neh tugas untuk Anak Saya,….

  143. Oke,, thank’s..!!

  144. thank you sooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo………………… muchhhhhhhhhhhhh

  145. hah msih pusing PR Gw Sni Terapan Nusantara..

  146. seni rupa tu unik, nyenengin, indah poko”xna ok lah kalo begitu!!!

  147. Thx Om infonya

  148. thanks dengan ini tugas seni rupa saya selesai

  149. wwezt komplit…….
    tp kogk gk onogk gambar’e c!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  150. ada yg lbh menarik lg ga analisis ny…..
    bleh xn sy tw tntang karya seni terapan yg anda buat ????
    tp yg lbh menarik ny lg ok he.eeeeeeee :-)

  151. emmm…pas bgt dgn pljaran qw di skolh….

  152. ga ada gambarnya yah??

  153. Thanks Bgt Om..
    That was Helpfull

  154. gada gambarnya -_-

  155. ommm ,,, makcch yaecc’ aQ jdii bisa ngrjainn tugass ,, endd’ berii gambar dunkk sunyii klw ngakk add gambarnya ..

    thankks so much ,,

  156. Bagus tpi fitur2 nya msih krang lngkap…..
    klau bsa dilngkapi y, Thanks..!!!!

  157. thenkS EA MASSS atas kerja sama masss jadiii daya bisa selesain tugas kesenian sayaa sekali lagi makasii ea masss

  158. Terimakasih atas informasinya

  159. muakaccih banxak yach om….!!?

  160. Gee Gee Gee baby baby

  161. thx yy om
    tapi gax ada gambar nya

  162. Yang aku cari gax da disini………

  163. MAKASIH YAAAAA
    BISA PERSENTASI minggu depan dngn inii,…

  164. nii mzih kurang lengkap
    seharuz.ya ada pengartian dri fungsi dan tujuan.ya…….

  165. makasih,ya……
    atas pemberian pengetahuannya… :)
    sekali lagi makasih bangettttt

  166. Pengertian nya bagus lengkap dan mudah dipahami .

  167. ………..
    akhirx tugas selesai!!!!!!!!!!!!!!!!!

  168. makasih ya om…

  169. thankyou for this

  170. gambar ny kkx ggx add

    a

  171. tanksh ya kepada yang udah mau capek2 masukin disini

  172. jdie bngung dech klo gug dha gambr.x !!!!!!!!!!!!!!!!

  173. hey ….. artikelnya bagus banget tetapi ….. ada hal buruknya bagi siswa yang malas merangkumnya !!!!

  174. TQ yaaa atas Blognya

  175. makasiih , aku jadii tau tentang senii terapan :) ..

  176. adawww lier neanganna ogggg

  177. thank’s ats infox… semua ini bs di jadikn materi ajar…

  178. siip lakh tapi masih harus di lengkapi lagi yah!!!!!!!!!!!!!!!!!

  179. jempolnya bwat kalian tapi jangan terlena dengan ini kita harus buat yang lebih baik dari ini ok<!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  180. makasih ……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: